February 27, 2024

Wolfgang Amadeus Mozart adalah seorang komponis dan pianis Austria yang terkenal sebagai salah satu komponis musik klasik yang terpenting dan paling berbakat dalam sejarah. Ia menciptakan lebih dari 600 karya musik dalam berbagai genre, seperti opera, simfoni, konser, sonata, kuartet, dan koral. Karya-karyanya yang terkenal antara lain adalah opera The Magic Flute dan The Marriage of Figaro, simfoni Jupiter dan Prague, konser piano No. 21 dan No. 23, requiem, dan serenade Eine kleine Nachtmusik. Ia juga dikenal sebagai seorang anak ajaib yang mulai bermain musik sejak usia dini dan menunjukkan kemampuan luar biasa dalam komposisi dan improvisasi.

Keluarga dan Masa Muda

Mozart lahir pada tanggal 27 Januari 1756 di Salzburg, Austria. Ayahnya, Leopold Mozart, adalah seorang komponis, biola, dan guru musik yang bekerja di istana pangeran-uskup Salzburg. Ibunya, Anna Maria Pertl, adalah seorang wanita dari keluarga kelas menengah. Mozart adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara, tetapi hanya dia dan kakak perempuannya, Maria Anna (Nannerl), yang hidup sampai dewasa.

Mozart menunjukkan bakat musiknya sejak kecil. Ia belajar bermain biola dan piano dari ayahnya dan kakaknya. Ia juga belajar menyanyi di paduan suara gereja lokal. Pada usia lima tahun, ia sudah bisa membaca dan menulis musik serta menciptakan lagu-lagu sederhana. Pada usia enam tahun, ia sudah bisa bermain musik di depan publik dengan mahir.

Ayah Mozart mengajaknya dan kakaknya untuk melakukan tur ke berbagai kota di Eropa untuk menampilkan kemampuan mereka sebagai musisi muda. Mereka mengunjungi Munich, Mannheim, Paris, London, Den Haag, Zurich, dan banyak kota lainnya. Mereka bertemu dengan banyak komponis dan musisi terkenal seperti Johann Christian Bach, Joseph Haydn, Christoph Willibald Gluck, dan Franz Joseph Gossec. Mereka juga mendapatkan penghargaan dari para bangsawan dan raja-raja seperti Raja George III dari Inggris dan Ratu Marie Antoinette dari Prancis.

Kehidupan dan Karier di Salzburg dan Wina

Pada tahun 1773, Mozart kembali ke Salzburg bersama dengan keluarganya setelah tujuh tahun berkeliling Eropa. Ia mendapatkan pekerjaan sebagai konduktor orkestra di istana pangeran-uskup Salzburg. Namun, ia tidak puas dengan pekerjaan ini karena ia merasa dibatasi oleh aturan-aturan istana dan kurang mendapatkan penghargaan dari atasannya. Ia juga ingin mencari peluang yang lebih baik di tempat lain.

Pada tahun 1777-1779, Mozart melakukan perjalanan ke Mannheim dan Paris bersama dengan ibunya untuk mencari pekerjaan sebagai komponis atau konduktor. Namun, ia tidak berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapannya. Ia juga mengalami kesedihan karena ibunya meninggal di Paris pada tahun 1778.

Pada tahun 1781, Mozart pergi ke Wina untuk menampilkan opera buatannya yang berjudul Idomeneo di hadapan Kaisar Joseph II. Opera ini mendapatkan sambutan yang baik dari penonton maupun kritikus. Mozart memutuskan untuk tinggal di Wina untuk mengembangkan karier musiknya. Ia mengundurkan diri dari pekerjaannya di Salzburg meskipun ayahnya tidak setuju.

Di Wina, Mozart menjadi komponis dan pianis yang terkenal dan disukai. Ia mendapatkan banyak pesanan untuk menciptakan opera, simfoni, konser, dan musik kamar. Ia juga mengadakan konser-konser publik dan swasta untuk memperkenalkan karya-karyanya. Ia berteman dengan banyak komponis dan musisi lain seperti Haydn, Ludwig van Beethoven, Antonio Salieri, dan Johann Nepomuk Hummel.

Mozart juga menikah dengan Constanze Weber, seorang penyanyi soprano yang merupakan adik dari Aloysia Weber, seorang penyanyi yang pernah ditaksir oleh Mozart. Mereka menikah pada tahun 1782 tanpa persetujuan ayah Mozart. Mereka memiliki enam anak tetapi hanya dua yang hidup sampai dewasa: Karl Thomas dan Franz Xaver.

Karya-Karya Besar

Mozart menciptakan lebih dari 600 karya musik dalam hidupnya. Karyanya mencerminkan gaya klasik yang seimbang dan elegan serta gaya romantis yang dramatis dan ekspresif. Ia menguasai berbagai genre musik, seperti opera, simfoni, konser, sonata, kuartet, dan koral. Beberapa karya-karyanya yang terkenal antara lain adalah:

  • Opera The Magic Flute (1791), yang merupakan opera komik yang bercerita tentang petualangan seorang pangeran yang mencari cinta sejatinya dengan bantuan sebuah suling ajaib.
  • Opera The Marriage of Figaro (1786), yang merupakan opera komik yang bercerita tentang intrik-intrik cinta antara para pelayan dan tuan-tuan mereka.
  • Simfoni No. 41 dalam C mayor (Jupiter) (1788), yang merupakan simfoni terakhir dan terbesar yang pernah ia ciptakan.
  • Simfoni No. 38 dalam D mayor (Prague) (1786), yang merupakan simfoni yang didedikasikan untuk kota Praha yang sangat mengagumi musiknya.
  • Konser Piano No. 21 dalam C mayor (1785), yang merupakan salah satu konser piano paling populer dan indah dalam repertoar musik klasik.
  • Konser Piano No. 23 dalam A mayor (1786), yang merupakan salah satu konser piano paling ekspresif dan liris dalam repertoar musik klasik.
  • Requiem (1791), yang merupakan karya musik gereja terakhirnya yang tidak selesai karena ia meninggal sebelum menyelesaikannya.
  • Serenade Eine kleine Nachtmusik (1787), yang merupakan salah satu karya musik kamar paling terkenal dan menyenangkan dalam repertoar musik klasik.

Kematian dan Warisan

Mozart meninggal pada tanggal 5 Desember 1791 di Wina karena penyakit demam reumatik. Ia dimakamkan di pemakaman St. Marx di Wina. Pemakamannya tidak dihadiri oleh banyak orang karena ia tidak memiliki banyak uang atau pengaruh pada saat itu.

Mozart adalah salah satu komponis yang paling berpengaruh dalam sejarah musik. Ia mengembangkan genre opera dengan cara yang baru dan orisinal. Ia juga memberikan kontribusi besar bagi perkembangan simfoni, konser, sonata, kuartet, dan koral. Ia menjadi inspirasi bagi banyak komponis generasi berikutnya, seperti Haydn, Beethoven, Schubert, Mendelssohn, Chopin, Liszt, Brahms, Tchaikovsky, Mahler, dan banyak lagi. Karyanya tetap populer dan dimainkan hingga sekarang. Ia juga dihormati sebagai simbol kejeniusan dan keindahan musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *