February 26, 2024

Shura Cherkassky adalah seorang pianis klasik Amerika yang lahir di Ukraina. Ia terkenal dengan penampilannya dalam repertoar romantis. Permainannya ditandai oleh teknik virtuoso dan nada piano yang merdu. Selama sebagian besar hidupnya yang kemudian, Cherkassky tinggal di London.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Shura Cherkassky lahir pada tanggal 7 Oktober 1909 di Odessa (saat itu bagian dari Kekaisaran Rusia) dengan nama Alexander Isaakovich Cherkassky (Shura adalah bentuk kecil dari Alexander). Ia adalah anak bungsu dari empat bersaudara dari keluarga Yahudi. ³ Ayahnya adalah seorang insinyur listrik dan ibunya adalah seorang pianis. Cherkassky mendapat pelajaran piano pertamanya dari ibunya, dan kemudian dari guru-guru lainnya. Pada usia empat tahun ia membaca sonata Beethoven, dan ia memberikan konser pertamanya setahun kemudian.

Ketika ia berusia 11 tahun ia meninggalkan Odessa untuk New York, dengan harapan untuk belajar dengan Sergei Rachmaninoff, yang saat itu adalah pahlawan pianistiknya. Tetapi setelah audisi di rumah Rachmaninoff di Riverside Drive, pianis muda itu memutuskan untuk mencari tempat lain setelah Rachmaninoff menyarankan mengubah gaya musik Cherkassky sepenuhnya.

Cherkassky kemudian belajar dengan Josef Hofmann di Curtis Institute of Music di Philadelphia selama hampir satu dekade. Hofmann adalah seorang murid dari Franz Liszt, dan memberi pengaruh besar pada gaya permainan Cherkassky. Setelah debut Amerikanya di Baltimore pada tahun 1923, seorang kritikus untuk The Baltimore Sun menulis bahwa \”tidak sejak hari-hari ketika Josef Hofmann adalah seorang anak ajaib telah penonton Amerika begitu terpesona oleh seorang anak muda dalam celana pendek.\” Setelah lulus dari Curtis pada tahun 1931, Cherkassky mulai berkeliling secara luas di Eropa, Amerika Selatan, dan Asia.

Karier dan Penghargaan

Cherkassky memiliki karier yang panjang dan produktif sebagai pianis konser. Ia dikenal sebagai seorang pemain yang spontan dan tidak dapat diprediksi, yang sering mengubah programnya pada saat terakhir atau memainkan encore yang tidak biasa. Ia juga sering menambahkan atau mengubah nada-nada dalam partitur untuk menciptakan efek-efek yang mengejutkan atau menarik. Ia mengatakan bahwa ia berusaha untuk \”bermain dengan hati\”, bukan dengan otak.

Cherkassky memainkan repertoar yang luas yang mencakup karya-karya dari zaman barok hingga abad ke-20, tetapi ia terutama terkenal dengan penampilannya dalam karya-karya Liszt, Chopin, Schumann, Mussorgsky, dan Prokofiev. Ia juga memainkan karya-karya Bach, Mozart, Beethoven, Schubert, Brahms, Debussy, Stravinsky, Berg, Stockhausen, Messiaen, Copland dan Bernstein. Ia merekam banyak karya-karya ini selama kurun waktu sekitar enam puluh tahun.

Kepribadian dan Gaya Permainan

Cherkassky dikenal sebagai seorang pianis yang ramah, ceria, dan berjiwa muda. Ia memiliki rasa humor yang tajam dan suka bercanda dengan penonton atau rekan-rekannya. Ia juga memiliki minat yang luas pada dunia dan budaya yang berbeda. Ia sering bepergian ke tempat-tempat eksotis dan mengoleksi barang-barang seni dan antik dari berbagai negara. Ia juga fasih berbicara dalam beberapa bahasa, termasuk Rusia, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol.

Gaya permainan Cherkassky ditandai oleh tekniknya yang luar biasa, warna nada yang beragam, dan dinamika yang ekstrem. Ia mampu memainkan nada-nada yang sangat lembut hingga sangat keras tanpa kehilangan kualitas suara atau ekspresi. Ia juga memiliki kecepatan dan ketepatan yang mengagumkan dalam memainkan nada-nada yang cepat dan sulit. Ia sering menggunakan pedal dengan bebas dan menciptakan warna dan nuansa dengan sentuhan jarinya. Ia juga memperhatikan struktur dan harmoni karya-karya yang ia mainkan, serta ekspresi dan lirisme yang terkandung di dalamnya. Ia mengatakan bahwa ia berusaha untuk \”bermain dengan perasaan\”, bukan dengan aturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *