February 26, 2024

Emil Gilels adalah seorang pianis klasik Rusia yang dihormati karena teknik dan kontrol tonanya yang luar biasa dan pendekatannya yang disiplin. Ia sering dianggap sebagai salah satu pianis terbaik abad ke-20, dan mendapat pujian untuk kekuatan interpretasinya, keindahan suaranya, dan kecerdasan musikalnya. Ia memainkan berbagai karya dari zaman barok hingga abad ke-20, terutama karya-karya Ludwig van Beethoven, Johannes Brahms, Franz Schubert, dan Sergey Prokofiev.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Gilels lahir pada tanggal 19 Oktober 1916 di Odessa (saat itu bagian dari Kekaisaran Rusia, dan sekarang Ukraina), sebagai anak tertua dari empat bersaudara dari pasangan Grigory Gilels, seorang insinyur kereta api, dan Esfir Gilels (née Lichtenstein), seorang guru piano. ³ Ia menunjukkan bakat musik sejak kecil dan mulai belajar piano dengan ibunya. Ia kemudian belajar dengan guru-guru lainnya. Pada usia 12 tahun ia memberikan konser pertamanya. Pada usia 16 tahun ia diterima di Konservatorium Odessa [ ru] di bawah bimbingan Bertha Reingbald [ ru], seorang guru piano terkenal yang juga mengajar Emil’s sister Elizaveta Gilels , seorang biolinis terkenal.

Pada tahun 1933, Gilels berpartisipasi dalam Kompetisi Musisi Seluruh-Uni Pertama di Moskow, dan memenangkan hadiah pertama dengan suara bulat. Kemenangan ini membuat Gilels terkenal di seluruh Uni Soviet, dan mengarah pada tur konser nasional. Setelah lulus dari Konservatorium Odessa pada tahun 1935, ia melanjutkan studinya sebagai mahasiswa pascasarjana di Konservatorium Moskow dengan Heinrich Neuhaus, seorang pianis dan guru piano terkenal yang juga mengajar Sviatoslav Richter .

Karier dan Penghargaan

Gilels memiliki karier yang sukses sebagai pianis konser. Ia dikenal sebagai seorang pemain yang kuat, ekspresif, dan elegan, yang menggabungkan teknik yang sempurna dengan kontrol tonal yang halus. Ia juga memiliki pengetahuan musik yang luas dan rasa artistik yang tinggi. Ia memainkan karya-karya dari berbagai komponis dengan cara yang meyakinkan dan otoritatif.

Kepribadian dan Gaya Permainan

Gilels dikenal sebagai seorang pianis yang ramah, sopan, dan profesional. Ia tidak suka menjadi pusat perhatian dan lebih suka berbicara melalui musiknya. Ia juga memiliki rasa hormat yang besar terhadap komponis-komponis yang ia mainkan dan tidak pernah mengubah atau menyederhanakan partitur mereka. Ia mengatakan bahwa ia berusaha untuk \”bermain dengan jujur\”, bukan dengan menunjukkan kemampuannya.

Gilels juga merupakan pianis yang serba bisa, yang dapat memainkan karya-karya dari berbagai gaya dan periode dengan cara yang sesuai. Ia memainkan karya-karya Bach dengan jelas dan transparan, karya-karya Beethoven dengan kuat dan dramatis, karya-karya Brahms dengan hangat dan romantis, karya-karya Schubert dengan lembut dan liris, karya-karya Prokofiev dengan tajam dan dinamis. Ia juga memainkan karya-karya Chopin, Schumann, Liszt, Debussy, Ravel, Scriabin, Rachmaninoff, Shostakovich, dan banyak lagi. Ia merekam banyak karya-karya ini selama kurun waktu sekitar lima puluh tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *