February 27, 2024

Alicia de Larrocha adalah seorang pianis wanita yang berasal dari Spanyol. Ia dianggap sebagai salah satu pianis legendaris abad ke-20. Ia terkenal dengan penampilannya yang elegan dalam memainkan karya-karya Mozart dan dianggap sebagai penafsir terbaik dari karya-karya komposer Spanyol seperti Albéniz, Granados, Mompou, dan lain-lain. Ia juga memainkan karya-karya dari Bach, Beethoven, Schumann, Rachmaninov, dan komposer lainnya dengan keahlian yang tinggi. Ia memenangkan beberapa penghargaan Grammy dan Penghargaan Pangeran Asturias untuk Seni. Ia juga menjadi artis Spanyol pertama yang memenangkan Hadiah UNESCO pada tahun 1995. Berikut adalah ulasan singkat tentang kehidupan dan karier pianis yang lahir pada 23 Mei 1923 di Barcelona ini.

Latar Belakang dan Pendidikan

De Larrocha lahir dari keluarga musisi di Barcelona. Ia mulai belajar piano dengan Frank Marshall pada usia tiga tahun. Marshall adalah murid dari Enrique Granados, salah satu komposer Spanyol terkemuka. De Larrocha menunjukkan bakatnya sejak dini dan memberikan konser pertamanya pada usia lima tahun di Pameran Internasional di Barcelona. Ia juga bermain di radio dan merekam beberapa piringan hitam pada usia tujuh tahun.

De Larrocha melanjutkan studinya di Konservatori Marshall di Barcelona, yang didirikan oleh gurunya. Ia lulus dengan nilai tertinggi pada usia 14 tahun. Ia kemudian mengembangkan karier konsernya di Spanyol dan Eropa. Ia juga mengikuti beberapa kompetisi piano internasional dan memenangkan hadiah pertama di Kompetisi Piano Internasional Geneva pada tahun 1947.

Gaya dan Repertoar

De Larrocha dikenal sebagai pianis yang memiliki teknik yang sempurna, kejelasan, kepekaan, dan ekspresi yang mendalam. Ia juga memiliki daya ingat yang luar biasa dan bisa memainkan banyak karya tanpa partitur. Ia mampu menyesuaikan gayanya dengan karakteristik setiap komposer dan periode musik yang ia mainkan.

De Larrocha sangat menguasai karya-karya Mozart, yang ia mainkan dengan elegan, cerdas, dan bervariasi. Ia juga sangat mencintai musik Spanyol, terutama karya-karya Albéniz dan Granados, yang ia anggap sebagai warisan budaya nasionalnya. Ia mampu mengekspresikan nuansa warna, ritme, dan emosi yang khas dari musik Spanyol dengan sentuhan tangannya yang lembut dan halus. Ia juga memainkan karya-karya Mompou, Falla, Turina, Rodrigo, Montsalvatge, dan komposer Spanyol lainnya dengan penghayatan yang tinggi.

Selain Mozart dan musik Spanyol, de Larrocha juga memainkan karya-karya dari Bach, Beethoven, Schumann, Rachmaninov, Debussy, Ravel, Chopin, Schubert, Mendelssohn, Brahms, Liszt, Prokofiev, Scriabin, dan komposer lainnya dengan keahlian yang tinggi.

Pengajaran dan Warisan

Selain menjadi pianis, de Larrocha juga menjadi guru piano dan memberikan kelas master. Beberapa muridnya adalah Maria João Pires , Jean-Yves Thibaudet , Nino Kereselidze , José Carlos Cocarelli , Luis Fernando Pérez , Albert Attenelle , Antonio Galera , Alexander Kandelaki , Marta Zabaleta , Enrique

Rekaman dan Penghargaan

De Larrocha banyak membuat rekaman selama karier musiknya, baik untuk label Hispavox, CBS/Columbia/Epic, BMG/RCA, maupun London/Decca. Ia memenangkan empat penghargaan Grammy untuk kategori Best Classical Performance – Instrumental Soloist (with orchestra) pada tahun 1975, 1976, 1989, dan 1992. Ia juga mendapat nominasi Grammy untuk kategori Best Classical Album pada tahun 1988 dan 1991.

De Larrocha terkenal dengan rekaman-rekamannya yang memperkenalkan musik Spanyol kepada dunia. Ia merekam karya-karya Albéniz, Granados, Mompou, Falla, Turina, Rodrigo, Montsalvatge, dan komposer Spanyol lainnya dengan interpretasi yang otoritatif dan autentik. Ia juga merekam karya-karya Soler, yang ia anggap sebagai Bach Spanyol.

Selain musik Spanyol, de Larrocha juga merekam karya-karya Mozart, yang ia mainkan dengan elegan, cerdas, dan bervariasi. Ia merekam semua sonata piano dan konser piano Mozart dengan berbagai orkestra dan konduktor. Ia juga merekam karya-karya dari Bach, Beethoven, Schumann, Rachmaninov, Debussy, Ravel, Chopin, Schubert, Mendelssohn, Brahms, Liszt, Prokofiev, Scriabin, dan komposer lainnya dengan keahlian yang tinggi.

Beberapa rekaman yang dianggap sebagai klasik adalah:

  • Mozart: Piano Concertos Nos. 20-27 (London/Decca) dengan Sir Georg Solti , Sir Colin Davis , dan David Zinman
  • Albéniz: Iberia (London/Decca)
  • Granados: Goyescas (London/Decca)
  • Mompou: Música Callada (London/Decca)
  • Falla: Nights in the Gardens of Spain (London/Decca) dengan Rafael Frühbeck de Burgos
  • Soler: Keyboard Sonatas (London/Decca)

De Larrocha juga mendapat beberapa penghargaan sebagai pengakuan atas kontribusinya di bidang musik klasik. Ia mendapat Medali Emas dari Ratu Sofia pada tahun 1969 dan menjadi anggota kehormatan Royal Academy of Music di London pada tahun 1972. Ia juga mendapat Penghargaan Pangeran Asturias untuk Seni pada tahun 1994 dan Hadiah UNESCO pada tahun 1995.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *