February 27, 2024

Glenn Gould adalah seorang pianis yang berasal dari Kanada. Ia adalah salah satu pianis paling terkenal dan dihormati abad ke-20, dan terkenal sebagai penafsir karya-karya keyboard Johann Sebastian Bach. Gaya permainan Gould ditandai oleh ketepatan teknik yang luar biasa dan kemampuan untuk mengartikulasikan tekstur kontrapuntal musik Bach. Gould menolak sebagian besar repertoar piano Romantik standar oleh Chopin, Liszt, Rachmaninoff, dan lain-lain, dan lebih memilih Bach dan Beethoven terutama, bersama dengan beberapa komposer modernis dan akhir-Romantik. Meskipun rekamannya didominasi oleh Bach dan Beethoven, repertoar Gould cukup beragam, termasuk karya-karya Mozart, Haydn, Scriabin, dan Brahms; komposer pra-Barok seperti Jan Pieterszoon Sweelinck, William Byrd, dan Orlando Gibbons; dan komposer abad ke-20 termasuk Paul Hindemith, Arnold Schoenberg, dan Richard Strauss. Gould dikenal karena keanehan-keanehannya, dari interpretasi musik dan manerisme panggungnya yang tidak ortodoks hingga aspek-aspek gaya hidup dan perilakunya. Ia berhenti memberikan konser pada usia 31 tahun untuk berkonsentrasi pada rekaman studio dan proyek lainnya. Gould juga seorang penulis, penyiar, komposer dan konduktor. Ia adalah kontributor produktif untuk jurnal musik, di mana ia membahas teori musik dan menguraikan filosofi musiknya. Ia tampil di televisi dan radio, dan memproduksi tiga dokumenter radio musique concrète , Solitude Trilogy , tentang daerah-daerah terisolasi di Kanada. Meskipun dikenal terutama sebagai pianis, Gould menutup karier musiknya dengan rekaman Wagner ‘s Siegfried Idyll sebagai konduktor.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Glenn Herbert Gould lahir di rumahnya di Toronto, pada 25 September 1932, anak tunggal dari Russell Herbert Gold (1901–1996) dan Florence Emma Gold (née Greig; 1891–1975), orang-orang Presbyterian keturunan Skotlandia, Inggris, dan Norwegia. Nama keluarga mereka diubah menjadi Gould secara informal sekitar tahun 1939 untuk menghindari disalahartikan sebagai Yahudi , mengingat anti-Semitisme yang merajalela di Toronto pra-perang. Gould tidak memiliki keturunan Yahudi , meskipun ia kadang-kadang membuat lelucon tentang hal itu, seperti “Ketika orang bertanya apakah saya Yahudi , saya selalu memberi tahu mereka bahwa saya Yahudi selama perang.”

Gould mulai belajar piano dengan Frank Marshall pada usia tiga tahun. Kedua orang tuanya adalah pianis dan ia juga keponakan pianis. Ia memberikan penampilan publik pertamanya pada usia lima tahun di Pameran Internasional di Barcelona .Ia memberikan konser pertamanya pada usia enam tahun di Pameran Dunia di Seville pada tahun 1929, dan melakukan debut orkestra pada usia 11 tahun. Pada tahun 1943, penampilannya ludes terjual di Spanyol. Ia mulai tur internasional pada tahun 1947, dan pada tahun 1954 tur Amerika Utara dengan Los Angeles Philharmonic . Pada tahun 1966, ia melakukan tur pertama Afrika Selatan yang sangat populer sehingga tiga tur lebih lanjut diselesaikan Pada tahun 1969, de Larrocha tampil di Boston untuk seri Konser Peabody Mason .

Rekaman dan Penghargaan

Gould banyak membuat rekaman selama karier musiknya, baik untuk label Columbia, Sony Classical, maupun label lainnya. Ia memenangkan dua penghargaan Grammy untuk kategori Best Classical Album pada tahun 1974 dan 1983, dan satu penghargaan Grammy untuk kategori Best Classical Performance – Instrumental Soloist (without orchestra) pada tahun 1982. Ia juga mendapat nominasi Grammy untuk kategori Best Classical Performance – Instrumental Soloist (with orchestra) pada tahun 1960 dan 1961.

Gould terkenal dengan rekaman-rekamannya yang memperlihatkan interpretasinya yang unik dan brilian terhadap karya-karya Bach, terutama The Goldberg Variations, yang ia rekam dua kali, pada tahun 1955 dan 1981. Rekaman pertamanya adalah debutnya di label Columbia, dan menjadi salah satu rekaman klasik paling laris sepanjang masa. Rekaman keduanya adalah salah satu rekaman terakhirnya sebelum kematiannya, dan menunjukkan perubahan gaya dan pandangannya terhadap karya tersebut. Kedua rekaman tersebut dianggap sebagai klasik dan sering dibandingkan oleh para kritikus dan penggemar.

Selain The Goldberg Variations, Gould juga merekam banyak karya Bach lainnya, seperti The Well-Tempered Clavier, The Art of Fugue, The Musical Offering, The Partitas, The French Suites, The English Suites, The Inventions and Sinfonias, dan berbagai konser piano. Ia juga merekam semua sonata piano Beethoven , beberapa sonata piano Mozart , sonata piano Schubert , sonata piano Hindemith , sonata piano Schoenberg , sonata piano Strauss , dan karya-karya lainnya dari komposer seperti Sweelinck, Byrd, Gibbons, Haydn, Scriabin, Brahms, Chopin, Liszt, Prokofiev, dan Wagner.

Beberapa rekaman yang dianggap sebagai klasik adalah:

  • Bach: The Goldberg Variations [1955 and 1981 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Bach: The Well-Tempered Clavier [1962-65 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Bach: The Art of Fugue [1962 and 1980 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Beethoven: Piano Sonatas Nos. 30-32 [1970 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Mozart: Piano Sonatas Nos. 10 and 12; Fantasia and Fugue in C major [1970 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Schoenberg: Piano Concerto; Ode to Napoleon [1974 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Hindemith: The Complete Sonatas for Brass and Piano [1976 recordings] (Columbia/Sony Classical)
  • Liszt: Piano Transcriptions of Beethoven’s Symphonies Nos. 5 and 6 [1970 recordings] (Columbia/Sony Classical)

Gould juga mendapat beberapa penghargaan sebagai pengakuan atas kontribusinya di bidang musik klasik. Ia mendapat Penghargaan Glenn Gould pada tahun 1983 (diberikan secara anumerta), Penghargaan Juno untuk Album Klasik Terbaik pada tahun 1979 dan 1983, Penghargaan Grammy Lifetime Achievement pada tahun 2013, dan menjadi anggota Canadian Music Hall of Fame pada tahun 1983.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *