February 27, 2024

Krystian Zimerman adalah seorang pianis yang berasal dari Polandia. Ia adalah salah satu pianis klasik paling terkemuka dan dihormati abad ke-20 dan ke-21, yang dikenal karena kemampuan dan kepekaannya dalam memainkan dan menginterpretasikan karya-karya dari berbagai komposer dan periode musik. Ia juga dikenal karena ketelitian dan keasliannya dalam mempersiapkan setiap penampilan dan rekaman, sering kali dengan membawa piano sendiri atau memodifikasi piano yang tersedia. Ia juga seorang pedagog, konduktor, dan komposer. Ia adalah penerima banyak penghargaan dan penghormatan, termasuk Praemium Imperiale pada tahun 2022.

Latar Belakang dan Pendidikan

Zimerman lahir di Zabrze, Polandia Selatan, pada tanggal 5 Desember 1956 dari orang tua yang keduanya adalah pianis profesional. Ia mulai belajar piano dengan ayahnya pada usia lima tahun, kemudian dengan Andrzej Jasiński di Akademi Musik Karol Szymanowski di Katowice. Ia menunjukkan bakatnya sejak dini dan sering bermain piano di rumah-rumah tetangga atau di gereja-gereja lokal. Ia juga menyanyi di paduan suara sekolah dan gereja.

Zimerman mulai tampil secara internasional sebagai pianis pada tahun 1970-an. Ia memenangkan Kompetisi Piano Internasional Chopin ke-IX di Warsawa pada tahun 1975, yang meluncurkan kariernya secara global. Ia juga memenangkan Kompetisi Piano Internasional Vianna da Motta di Lisbon pada tahun 1976 dan Kompetisi Piano Internasional Arthur Rubinstein di Tel Aviv pada tahun 1977. Ia bermain di Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, dan negara-negara lainnya. Ia juga mulai merekam karya-karya dari Chopin, Beethoven, Brahms, Schubert, Schumann, Liszt, Debussy, Ravel, Szymanowski, Lutosławski, dan komposer lainnya.

Gaya dan Repertoar

Zimerman dikenal sebagai pianis yang memiliki teknik yang luar biasa, kejelasan suara, kedalaman musikal, dan ekspresi yang kuat. Ia juga dikenal sebagai pianis yang sangat selektif dan kritis dalam memilih repertoar dan instrumen yang ia mainkan. Ia sering membawa piano sendiri atau memodifikasi piano yang tersedia untuk mencocokkan dengan karakteristik setiap karya yang ia mainkan. Ia juga melakukan penelitian mendalam tentang gaya permainan dan notasi musik dari setiap komposer dan periode musik yang ia mainkan.

Zimerman sangat menguasai karya-karya Chopin, Beethoven, Brahms, Schubert, Schumann, Liszt, Debussy, Ravel, Szymanowski, Lutosławski, dan komposer lainnya dari periode Barok hingga kontemporer. Ia juga memainkan beberapa karya yang ditulis atau didedikasikan khusus untuknya oleh komposer seperti Witold Lutosławski (Piano Concerto), Krzysztof Penderecki (Piano Concerto \”Resurrection\”), György Kurtág (Splinters), György Ligeti (Études), Luciano Berio (Sequenza IV), Pierre Boulez (Incises), Wolfgang Rihm (Nachstudie), Thomas Adès (Traced Overhead), George Benjamin (Shadowlines), Jörg Widmann (Eleven Humoresques), Magnus Lindberg (Jubilees), and Julian Anderson (Sensation).

Rekaman dan Penghargaan

Zimerman banyak membuat rekaman yang menjadi acuan bagi karya-karya yang ia mainkan. Ia merekam secara eksklusif untuk label Deutsche Grammophon sejak tahun 1977. Rekaman-rekamannya mencakup karya-karya dari Chopin, Beethoven, Brahms, Schubert, Schumann, Liszt, Debussy, Ravel, Szymanowski, Lutosławski, dan komposer lainnya. Ia juga merekam beberapa karya sebagai konduktor atau sebagai pemain kamar bersama musisi-musisi seperti Leonard Bernstein, Herbert von Karajan, Pierre Boulez, Simon Rattle, Seiji Ozawa, Yehudi Menuhin, Kyung-Wha Chung, Gidon Kremer, Kaja Danczowska, dan Anne-Sophie Mutter.

Beberapa rekaman yang dianggap sebagai klasik adalah:

  • Chopin: Piano Concertos Nos. 1 and 2 [1976 and 1999 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Beethoven: Piano Concertos Nos. 1-5 [1989 and 2020 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Brahms: Piano Concertos Nos. 1 and 2 [1982 and 1984 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Schubert: Piano Sonatas D958-D960 [1997 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Liszt: Piano Sonata in B minor; Schubert-Liszt: Lieder Transcriptions [1987 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Debussy: Préludes Book 1 and 2 [1994 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Ravel: Piano Concertos; Valses nobles et sentimentales [1998 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Szymanowski: Piano Works [2020 recordings] (Deutsche Grammophon)
  • Lutosławski: Piano Concerto [1992 and 2015 recordings] (Deutsche Grammophon)

Zimerman juga mendapat banyak penghargaan sebagai pengakuan atas kontribusinya di bidang musik klasik. Beberapa penghargaan yang ia terima adalah:

  • Penghargaan Grammy untuk kategori Best Chamber Music Performance pada tahun 1979 dan 1988.
  • Penghargaan Grammy untuk kategori Best Instrumental Soloist Performance (with orchestra) pada tahun 1993.
  • Léonie Sonning Music Prize dari Denmark pada tahun 1994.
  • Legion of Honour dari Prancis sebagai Chevalier pada tahun 2005.
  • Order of Polonia Restituta dari Polandia sebagai Commander pada tahun 2013.
  • Praemium Imperiale dari Jepang pada tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *